Pengertian Mikrokontroler

PENGERTIAN MIKROKONTROLER


Hallo gan udah lama banget nih jarang nulis di blog ini, nah kali ini saya akan memberikan sedikit informasi tentang apa sih mikrokontroller itu ?, dan fungsi dari mikrokontroller itu apa ? oke langsung saja ke TKP.

Sebelum mengenal apa itu mikrokontoller alangkah baiknya mengenal mikroprosessor terlebih dahulu. Mikroprosessor adalah CPU dari komputer yang merupakan komponen sangat vital yang terdapat pada komputer, kenapa sangat vital ? karena fungsi dari CPU adalah sebagi pusat pengolah dan pengendalian pada sistem komputer mikro, mikroprosessor juga tersusun yang terdiri dari 3 bagian yang sangat penting yaitu ALU (Arithmetic Logic Unit), RU (Register Unit), dan CU (Control Unit).


Gambar Mikroprosessor Core i7

Lalu apa bedanya antara mikroprosessor dan mikrokontroller ?, jika mikrokontroller merupakan suatu chip tunggal yang dapat meng-integrasi atau memadukan antara CPU, ROM, RWM, I/O, counter-timer, clock dalam hanya satu chip saja. dengan itu mikrokontroller dapat menyimpan data dengan hanyasatu chip, namun jika mikroprosessor membutuhkan komponen tambahan untuk menyimpan data yaitu dengan menambahkan RAM, ROM dan lain-lain.

Gambar Mikrokontroler AVR ATmega 328


Banyak sekali jenis-jenis mikrokontroller yaitu : AVR ATmega 8, Atmega 168, ATmega 328 dan lain sebagainya. Namun dimana sih mkrokontroller itu menyimpan data ? jawabannya jelas pada memory, yaitu memory SRAM, Flash memory dan EEPROM, dimana ke tiga memory tersebut mempunyai tugasnya masing- masing, contohnya pada SRAM yang hanya dapat menyimpan data sementara dan EEPROM yang dapat menyimpan data mikrokontroller yang bisa di hapus secara elektrik dan dapat di program kembali.

Nah dari penjelasan ini untuk belajar mikrokontroller itu susah sudah bukan jamannya lagi gan. Untuk pemrogramannya dapat dengan mudah kita lakukan dengan bahasa C, untuk membuat aplikasi mikrokontroller yang canggih misalnya : membuat alat ukur suhu, sensor gerak, pengiriman data ke PC, parking alarm dan lain sebagainya. Semua itu karena di dukung dengan adanya board arduino yang kita kenal, yang dapat memanjakan kita untuk membuat aplikasi dengan mikrokontroller.

Mungkin itu saja gan, sedikit info tentang mikrokontroller semoga bermanfaat gan.

Related Posts:

0 Response to "Pengertian Mikrokontroler"

Posting Komentar